Filosofi Logo United Coders

United Coders, akar/cikal bakal PT Sandiloka, didirikan 20 Desember 2006. Waktu itu pekerjanya hanya 2 orang, saya sendiri sebagai founder dan Tribas yang pegang Finance. Logo United Coders dibuat oleh Taufik, teman saya yang kuliah di Desain Komunikasi Visual – FSRD ITB (angkatan 98). Logo ini punya 2 elemen, gambar pohon bambu berwarna hijau dan logotype United Coders dengan tulisan berwarna hitam dan hijau. Artinya sebagai berikut:

Pohon Bambu

Bambu itu serbaguna, hampir semua bagiannya bisa bermanfaat. Akarnya bisa dimasak (rebung). Batangnya sering digunakan untuk berbagai keperluan misalnya:

  1. Membangun rumah (menjadi tiang, bilik, atap, kusen, pagar, dll)
  2. Membangun jembatan (tiang, landasan)
  3. Membuat kendaraan (getek, gerobak, tandu, dll)
  4. Alat musik: seruling, peluit, dll
  5. Alarm/Aler: kentongan
  6. Alat memasak: kukusan, ayakan, pinggan
  7. Senjata: toya, bambu runcing, sumpit

Bambu bebas nilai, bisa digunakan untuk apa saja. Bisa untuk kebaikan, bisa untuk kejahatan. Bambu ini menggambarkan VALUE yang dimiliki United Coders, yaitu Sederhana dan Manfaatnya banyak. Lalu, kemampuan apa yang fungsinya seperti Bambu? Kemampuan Problem Solving: Sederhana dan Bermanfaat banyak. Bambu bisa bermanfaat karena manusianya bisa memanfaatkannya untuk memecahkan persoalan yang ditemukan.

Bambu itu sifatnya lentur, jika diterjang angin badai tidak roboh karena mampu mengikuti gerakan angin. Berbeda dengan pohon Ek atau beringin, walaupun tinggi besar tapi akan roboh ketika diterjang angin badai karena tidak mampu mengikuti gerakan angin. Ini menggambarkan VALUE yang dimiliki United Coders, mampu mengikuti angin perubahan (adaptif).

Bambu itu butuh waktu lama untuk muncul ke permukaan tanah karena membangun akarnya dulu sampai dalam, tapi ketika muncul ke permukaan tanah pohon bambu akan tumbuh pesat dalam waktu cepat. Bambu bisa tumbuh pesat karena akarnya kuat dan strukturnya ramping. Ini menggambarkan VALUE yang dimiliki United Coders, membangun KULTUR dulu sebagai akarnya, baru membuat STRUKTUR. Jika KULTUR lemah, strukturnya akan lemah.

Logotype

  1. Font Lucida Grande, menggambarkan semangat anak muda.
  2. Warna hitam, menggambarkan keseriusan/keteguhan/keras kepala dengan goalnya. Kalau sudah maunya, harus jadi.
  3. Warna hijau, menggambarkan keberhasilan/kesuburan/kelanggengan/keseimbangan, untuk jangka panjang, bukan sekedar mencari cuan.

Nah begitulah makna logo United Coders yang dirumuskan tahun 2006.

Btw, daun bambu itu juga sangat lezat sehingga panda-panda menyukainya. Tapi ini ngga ada hubungannya dengan VALUE United Coders 😀

Bagaimana dengan filosofi logo perusahaan Anda?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.