Backend Sistem Pembayaran

Kami di Sandiloka sedang membangun sebuah backend sistem pembayaran. Backend ini menyediakan akses ke biller-biller seperti PLN, Telkom, PDAM, Multi-Finance, dan juga Pulsa. Prinsipnya mirip dengan cara kerja switching pembayaran, yaitu payment processing.

Project ini baru dimulai Januari 2015, dan menurut rencana sudah dapat diuji coba pada bulan April 2015.

Beberapa keunggulan yang kami bangun di backend ini antara lain:

1. Developer Friendly

Seringkali developer kesulitan melakukan integrasi dengan backend atau switching tradisional karena masalah di protokol, format messaging, security dan permasalahan teknis lainnya yang cukup kompleks.

Dengan REST API, proses integrasi menjadi lebih mudah karena dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi desktop, web maupun mobile apps (Android, IOS). Backend ini memang didesain agar developer friendly. Cukup dengan memahami protokol HTTP sebagai transport, dan format JSON sebagai messaging. Jika dibutuhkan, kami juga dapat memberikan format XML & ISO8583 sebagai kompatibilitas.

2. Kapasitas

Backend ini dirancang agar dapat memproses transaksi dalam jumlah besar. Kira-kira 1 juta transaksi per-hari di akhir tahun 2015. Kapasitas ini kami rancang agar mudah dikembangkan terus menerus supaya dapat mencapai 20 juta transaksi per hari di akhir tahun 2020.

3. USSD

Selain menerima transaksi dari aplikasi desktop, web atau mobile, kami juga rancang agar backend ini dapat menerima request transaksi dari USSD. Dengan demikian, operator telco (GSM & CDMA) juga dapat menggunakan backend ini. Fitur USSD dapat digunakan baik oleh feature phone 2G maupun smartphone, sehingga aksesnya lebih luas dari pada aplikasi mobile.

4. Internet Banking Integrated

Saat ini kami baru terintegrasi dengan SCM Bank Mandiri/Clickpay dan Veritrans. Kami sedang dalam proses integrasi dengan bank-bank lainnya seperti BRI dan BCA sebagai penyimpanan dana deposit. Dengan integrasi ini, semua transaksi deposit diproses secara otomatis.

5. Full Automation

Hampir semua proses dilakukan secara otomatis mulai dari deposit sampai dengan rekonsiliasi.

Kerjasama

Kami membuka peluang kerja sama dengan Anda yang bergerak sebagai:

  1. Billers.
  2. Payment Gateway.
  3. Card Acquirer.
  4. System Integrator.
  5. Software Developer.
  6. Mobile/Web Developer.
  7. Hardware/Device Manufacturer.
  8. Server Pulsa/Dealer Pulsa.
  9. Loket PPOB.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di 022-87788305 atau email ke irs[at]sandiloka.com

2 thoughts on “Backend Sistem Pembayaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.