Modem Itegno 3000 USB

Sambil ngoprek di hari Minggu ini, saya ingin mengulas sedikit tentang salah satu barang riset yang sudah menemani perjalanan saya sejak tahun 2006. Ini modem Itegno 3000 USB, salah satu modem industrial yang dibuat untuk pasar M2M waktu itu. Modem Itegno 3000 USB

Modem ini menggunakan chipset buatan Wavecom Q2406B (sudah diakuisisi Sierra Wireless). Sesuai spesifikasi Wavecom Q2406B, modem ini sudah mendukung AT+Command untuk GPRS. Waktu itu belum ada teknologi 3G.

Modem Itegno 3000 USB

Driver bawaan modem ini hanya ada untuk Windows. Tapi karena chipset usb-serial yang digunakan sebetulnya buatan Prolific, PL-2303 maka modem ini dapat dikenali di Linux Ubuntu dan FreeBSD tanpa instalasi apapun.

Jalankan dmesg di Linux Ubuntu 14.04.3 LTS, saya mendapatkan hasil berikut:

itegno3000-linux

Nah, kelihatan kan “Manufacturer: Prolific Technology Inc.”

Sekarang, saya coba konek menggunakan port =0/dev/ttyUSB0 dan baudrate=115200 dan coba kirim beberapa perintah AT+Command. Hasilnya….

itegno3000-miniterm

 

Saya beli modem ini di sebuah toko komputer Mangga Dua sekitar bulan Mei tahun 2006. Dari pada saya pinjem terus sama customer dan ditagih-tagih, lebih baik saya beli sendiri. Harganya cukup mahal untuk ukuran saya waktu itu, Rp 2.5 juta. Saya beruntung tidak pernah menjual modem ini sebab modem ini sudah tidak diproduksi lagi oleh Itegno. Mereka membuat versi baru Itegno 3800 menggunakan chipset lain yang chipsetnya berbeda.

Memang hampir semua barang riset saya sejak tahun 2005 masih awet dan kondisinya masih bagus. Hanya penampilannya saja yang dekil akibat debu yang menempel bertahun-tahun.

Dengan modem ini, sekarang saya mengembangkan sebuah layanan backend sms 1 arah dan 2 arah yang rencananya akan saya buka beta testnya kepada komunitas developer, khususnya komunitas IoT Bandung.

Kalau Anda berminat untuk mencobanya, silakan menghubungi saya di email irs[at]sandiloka[dot].com

Incoming search terms: