Rencana Membuat Media untuk Programmer

Saya punya rencana membuat media untuk programmer. Media ini ditujukan untuk mereka yang berprofesi sebagai software engineer, developer, atau programmer. Minimal untuk mereka yang di Indonesia, tapi jika memungkinkan untuk dunia internasional.

Saya melihat banyak sekali programmer di Indonesia yang butuh edukasi, kekurangan bahan belajar, bahan untuk eksperimen dalam bentuk artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas seringkali kita temukan dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Sementara itu di pihak lain, ada juga programmer-programmer berkualitas, mampu membuat tulisan berkualitas, punya blog atau media sendiri namun mengalami problem dalam persistensi/kontinuitas. Sementara persistensi itulah yang dibutuhkan sebuah media supaya proses edukasinya jalan terus.

Akibatnya kita sering melihat programmer Indonesia ketinggalan jauh dengan negara tetangga. Bahkan sampai hari ini saya sering menjumpai programmer kita yang belum menyadari pentingnya menggunakan Source Control, dan tentu saja tidak terbiasa menggunakan Source Control. Apalagi Automated Test, Automated Build, Issue Tracking/Bug Tracking System dan teknologi lainnya. Padahal itu semua sudah jadi komoditi dalam teknologi software development masa kini. Masya Allah, kalau begini terus kita ketinggalan lebih dari satu dasawarsa dalam teknologi software development.

Ada lagi hal yang lebih menyedihkan yaitu kebanyakan programmer saat ini tidak tahu apa itu algoritma. Dikit-dikit minta source-code, dikit-dikit tanya ke group, padahal itu problem sepele dan bisa lihat di Help (F1) atau Googling dulu.

Jalan keluarnya menurut saya adalah edukasi terus-menerus. Ada banyak cara melakukan edukasi, yaitu menyelenggarakan pelatihan, workshop, gathering, dan media sebagai sarana kolaborasi, sarana interaksi, sarana edukasi. Saya berharap media ini menjadi sarana edukasi untuk programmer Indonesia dan memperkenalkan teknologi-teknologi baru seperti Lean Software Development, Agile Software Development, Scrum yang sebetulnya sudah ngga baru-baru amat.

Untuk merangsang minat programmer berkualitas untuk membuat tulisan, rencananya akan diberikan honor untuk tiap tulisan yang sesuai kriteria dan dimuat di media ini. Jadi ini adalah peluang bagi para programmer berkualitas untuk menambah penghasilan dengan membuat karya tulis. Namun pengunjung bisa membaca artikel tersebut secara gratis, mungkin perlu membership/registrasi saja.

Semua aktifitas ini jelas membutuhkan biaya, tidak ada yang gratis di dunia ini. Minimal butuh proses. Tapi sebagai pengusaha, kalau saya berpikir “dari mana uangnya?” ini namanya mengambil “kartu mati” sebab untuk saat ini saya juga belum tahu jawaban pastinya. Tapi yang jelas, salah satu sumber dananya adalah dari uang saya pribadi. Mungkin saja di masa yang akan datang ini jadi unit bisnis sendiri dari PT. Sandiloka, tapi ini butuh perencanaan yang lebih matang.

Untuk itu saya sedang mencari masukan, mencari nasihat mengenai hal-hal berikut ini:

  1. Berapa range honor yang pantas untuk sebuah artikel lepas?
  2. Bagaimana membuat aturan main yang jelas, terutama soal plagiarisme dan originalitas?
  3. Bagaimana proses dan periode pembayaran honornya?

Apakah rekan-rekan bisa memberikan masukan? Terima kasih sebelumnya ya 🙂