5 skill yang paling dibutuhkan programmer

programmer skill
Ada banyak pendapat mengenai apa saja skill yang dibutuhkan oleh programmer. Namun dari beberapa yang saya pelajari, kebanyakan berfokus pada teknologi tertentu misalnya NoSQL, HTML5, CSS3 dan lain-lain. Lho itu sih produknya, bukan skillnya. Nah yang mau kita bahas di sini adalah 5 skill yang paling dibutuhkan programmer, apapun produk atau bahasa pemrograman yang digunakannya. Tanpa skill ini, kita tidak mungkin bisa mendapatkan keahlian lainnya.

1. Problem Solving Skill

Problem solving skill adalah kemampuan memecahkan masalah. Software dibutuhkan untuk memecahkan masalah nyata yang dihadapi oleh seorang client atau user. Seorang programmer pada akhirnya harus bisa memberikan solusi atas masalah tersebut.  Apapun bahasa pemrograman yang Anda kuasai, teknologi yang Anda pelajari, jika Anda tidak bisa memecahkan masalah, Anda tidak cocok menjadi seorang programmer.

Di forum-forum pemrograman, kita sering melihat orang-orang yang begitu manja. Dikit-dikit nanya. Pertanyaannya juga yang sangat mendasar dan bisa ditemukan dengan mudah di buku, internet atau baca dokumentasi. Ini contoh mereka yang tidak memiliki problem solving skill.

Problem Solving skill ini bisa dipelajari sendiri maupun diajarkan di kampus-kampus. Bahkan di Sandiloka, kami mengajarkan Problem Solving Skill kepada karyawan baru.

2. Critical Thinking

Definisi critical thinking adalah kemampuan berpikir kritis, yaitu menggunakan logika dan analisa untuk membedakan mana solusi yang tepat, mana solusi yang tidak tepat. Mana proses yang benar, mana proses yang salah.

Critical Thinking adalah salah satu bentuk dari Correct Thinking yaitu berpikir dengan benar. Tanpa kemampuan berpikir dengan benar, tidak mungkin sebuah software dapat diciptakan.

3. Self-Learning Skill

Definisi Self-Learning adalah belajar mandiri secara terus menerus atas keinginan sendiri tanpa diminta atau diperintah. Dunia software adalah dunia yang dinamis dan berkembang dengan cepat. Apa yang kita pelajari hari ini akan segera kadaluwarsa bulan depan. Jika kita tidak suka belajar mandiri, kita akan ketinggalan terus dan menjadi usang.

Oleh sebab itu, seorang programmer perlu melatih dirinya sendiri untuk belajar hal-hal baru, belajar metode baru, menyerap pengetahuan baru untuk mengembangkan diri.

4. Reading Skill

Reading skill atau kemampuan membaca yang dimaksud di sini adalah membaca dengan utuh, menangkap maksud atau instruksi dari sebuah pesan yang disampaikan. Kita tahu bahwa di dunia pemrograman, kita perlu membaca manual, dokumentasi, buku, dan tentu saja source code. Supaya seluruh pesan diterima dengan benar, kita harus membacanya satu-persatu, dengan lengkap. Ini membutuhkan kesabaran, ketelitian, kecermatan yang memang sudah menjadi bakat yang dimiliki seorang programmer.

Kalau kita tidak memiliki kemampuan membaca satu-persatu sampai selesai, dengan teliti dan cermat, itu tandanya kita tidak cocok menjadi programmer.

5. Writing Skill

Selain reading skill, tentu saja seorang programmer harus memiliki writing skill. Sebab, programmer kan harus menulis source code, menulis dokumentasi, dan mungkin saja harus membuat artikel di web/wiki.

Kalau pada dasarnya tidak suka menulis, maunya copy paste dari tulisan orang di internet, ya ndak cocok jadi programmer.

Writing skill juga diajarkan di buku-buku dan di kampus-kampus dalam bentuk mata kuliah umum atau pilihan.

Penutup

Demikian 5 Skill yang paling dibutuhkan oleh programmer. Untuk bisa menjadi programmer handal, tentu saja kita harus memiliki keahlian-keahlian lainnya.

Silakan disubscribe dan semoga bermanfaat. Setuju, tidak setuju tetap thank you 😀

Tulisan lainnya

Incoming search terms:

  • setuju 🙂 !

  • Sedelapan! 😀
    Lima skill tersebut memang harus dimiliki oleh seorang programer

  • zaman google ini membutuhkan anda punya google skill dan asking skil

  • Saya tambahkan 2 lagi ya …
    English skill.
    Karena tutorial sangat banyak dalam bahasa Inggris dan ada kemungkinan mendapat partner atau client asing, maka Bahasa Inggris adalah hal yang juga penting.

    Social Skill
    Karena seringkali programmer harus bisa bekerja sama dengan programmer lain, system analist, Project Manager, termasuk client

  • Indra

    Poin 1. (Problem Solving Skill)
    Betul, Jangan manja, dikit-dikit nanya di forum.
    padahal pake google aja bisa.
    pertanyaan-pertanyaan yg sebelumnya sdh ada. di stackoverflow.com jg banyak yg sudah (SOLVE).

  • Ady

    Good article….

  • pamotan

    ya ikut setuju ajalahhhhh…… kalo cuma masalah sepele nunggu diforum…. kelamaannnn . udah banyak tuhhh dokumentasi lengkapppp

  • Pingback: 5 Skill Wajib Seorang Programmer | dannilutfi()

  • Pingback: 5 Watak Dasar yang Dimiliki Programmer - Ilham Rizqi Sasmita()

  • masih kurang di nomor 5, semoga bisa diasah lagi

  • Setelunjuuk Gaannn !!!

  • Novrianti

    good communication is important to. terutama dgn anggota tim yg lain

  • Pingback: Programmer Skill – SML Magazine()

  • Wuri Wulandari

    Setuju, programmer harus punya writing skill. Jangan jadi programmer copas terus cuma ganti-ganti variabel nya aja >..<